Sabtu, 15 November 2014

Akuntansi Keuangan Menengah 1B - Pertemuan VIII


LAPORAN KEUANGAN  

A.    Laporan Laba Rugi (Income Statement)

Bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan pada periode tertentu, yang menjabarkan pendapatan (penghasilan usaha) dikurangi beban-beban yang dikeluarkan perusahaan lalu menghasilkan dua jawaban yaitu Laba atau Rugi.  

Dalam Laporan Laba Rugi terdapat 4 elemen penting yakni:  
  • Pendapatan (Revenue) : Akun yang dihasilkan karena adanya suatu penjualan.   
  • Beban (Expense) : Hal-hal yang dikeluarkan untuk kebutuhan perusahaan.  
  • Laba (Profit) : Apabila pendapatan lebih besar dari beban-beban.  
  • Rugi (Loss) : Apabila pendapatan lebih kecil dari beban-beban. 

B.     Laporan Perubahan Modal (Capital Statement)  

Laporan yang menunjukkan adanya perubahan modal, dari modal awal sampai modal akhir. Laporan perubahan modal diakibatkan karena adanya laba/rugi dan prive (keperluan pribadi).  

Dalam Laporan Perubahan Modal terdapat 4 elemen penting yakni:  
  • Modal Awal : Modal yang dikeluarkan pertama kali oleh pemilik.   
  • Laba / Rugi : Hasil akhir pendapatan dikurangi beban-beban.   
  • Prive : Keperluan pribadi yang digunakan oleh pemilik.  

C.    Neraca (Trial Balance) 

Bagian dari laporan keuangan yang menunjukkan posisi keuangan pada akhir periode tertentu. Neraca merupakan keseimbangan antara Aktiva = Passiva. 

Dalam Neraca terdapat 3 elemen penting yakni: 
  • Asset
  1.   Aktiva Lancar : Memiliki masa kurang dari 1 tahun, dan perputaran yang cepat. Contoh: Kas, Piutang, Persediaan, dll.   
  2. Aktiva Tetap : Memiliki masa lebih dari 1 tahun, dan perputaran yang lambat. Contoh: Peralatan, Gedung, Akumulasi Penyusutan, dll.    
  • Kewajiban  
  1. Kewajiban Jangka Pendek : Memiliki masa kurang dari 1 tahun. Contoh: Utang Gaji, Utang Usaha, Utang Dagang, dll.   
  2. Kewajiban Jangka Panjang : Memiliki masa lebih dari 1 tahun. Contoh: Utang Hipotik, Utang Obligasi, dll.   
  • Ekuitas   
  1. Prive : Keperluan pribadi pemilik.  
  2. Laba Ditahan : Keuntungan yang belum dapat dicairkan.   
D.    Laporan Arus Kas (Cash Flow)

Bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan yang dihasilkan pada periode tertentu yang menunjukkan aliran masuk dan keluar perusahaan. 

Dalam Laporan Arus Kas terdiri atas 3 bagian yakni: 
  • Kas dari Aktivitas Operasi : Mempengaruhi kas secara langsung. 
  • Kas dari Aktivitas Investasi : Berkaitan dengan penjualan dan pembelian asset. 
  • Kas dari Aktivitas Pendanaan : Berkaitan dengan penerimaan dan pengeluaran kas.

Jawaban Kelompok yang bertanya:

            Dalam Neraca dilakukan penggolongan Aktiva yang terdiri dari Aktiva Lancar dan Aktiva Tetap, selanjutnya pada Utang terbagi atas Utang Jangka Pendek dan Jangka Panjang, penggolongan ini sebaiknya dilakukan agar dapat memudahkan para akuntan untuk membedakan antara Aktiva Lancar dan Aktiva Tetap. Selain itu, agar akun-akun dapat tersusun dengan baik.

            Dalam Laporan Laba Rugi biasanya terjadi tidak keseimbangan diakibatkan karena adanya kesalahan pencatatan, kesalahan perhitungan, serta kesalahan menetapkan antara aktiva dan passiva. Susunan yang tepat untuk Laporan Keuangan adalah Laporan Laba Rugi, Laporan Perubahan Modal, Neraca, dan Laporan Arus Kas.

            Dalam Laporan Keuangan yang digunakan oleh Perusahaan Dagang dan Perusahaan Manufaktur terdapat kesamaan di bagian Neraca.

Perbedaan Beban dan Biaya, sebagai berikut:
  1. Beban adalah Pengeluaran yang dilakukan pada periode yang berulang (rutinitas), terjadi penurunan ekonomis, dan dalam aktiva tidak memberikan manfaat.
  2. Biaya adalah Pengeluaran yang dilakukan pada periode tertentu (jarang), untuk memperoleh aktiva, dan memberikan manfaat di masa yang akan datang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar