HOBI
BERMAIN KOMPUTER
DAN INTERNETAN
Hobi
dapat didefinisikan sebagai minat seseorang pada suatu hal atau dengan kata
lain ketertarikan pada hal-hal tertantu. Hobi yang dimiliki setiap orang pun beragam
jenisnya mulai dari yang sederhana hingga ekstrim, hal ini disesuaikan dengan para
pecintanya masing-masing. Berawal dari hobi, terkadang seseorang dapat menuai
kesuksesan.
Menguak
sisi lain kegemaran bermain komputer dan tentunya tidak asing pula dengan
sebutan internet. Seiring berjalannya waktu, hal-hal disekitar kini secara
terus-menerus mengalami progres yang cukup pesat yaitu dengan berkembangnya
media sosial dan gadget-gadget. Semua itu sengaja didesain hanya untuk
mempermudah seseorang dalam melakukan aktivitas baik bersifat formal maupun
informal.
Tidak
heran tahun 2014 ini, sering sekali ditemui orang-orang yang senang merunduk,
tidak lain hanya untuk asik bermain dengan gadget mereka masing-masing. Dari
sanalah mereka akan menemukan berbagai informasi secara mudah dan cepat. Namun
perlu diwaspadai pula terkadang pula juga timbul kasus pelecehan atau
penyimpangan karena informasi yang didapat tidak diolah secara benar.
Bermain
komputer memberikan daya pikat tersendiri bagi para penggemarnya. Selain dapat
mengerjakan tugas dengan rapi dan cepat, juga dapat melakukan berbagai
aktivitas lain didalamnya seperti: mendengarkan musik, menonton film, melakukan
browsing, dan tentunya tetap memperbaharui berita terkini.
Hari
kian hari, suatu sistem atau aplikasi sengaja dibuat untuk mempermudah
seseorang dalam melakukan aktivitas. Komputer tanpa adanya sebuah aplikasi juga
dapat dikatakan seperti sayur tanpa garam maksudnya adalah tidak akan
menghasilkan sesuatu yang jelas. Komputer hanya sebagai sebuah hardware
(perangkat keras) atau perantara untuk memudahkan software (perangkat lunak)
untuk berkerja. Dan begitupun sebaliknya.
Program-program
yang biasanya sudah terinstall didalam sebuah komputer adalah Microsoft dan
Alat pencari informasi (Browser). Kedua hal ini tidak dapat dipisahkan dalam
penggunaannya. Saling melengkapi antara satu dengan lainnya untuk memudahkan
dalam pembuatan tugas.
Penggunaan
komputer juga mengajarkan kita pada berbagai hal diantaranya: mengetik dengan
cepat, tanggap akan kasus komputer teridentifikasi virus, mengabarkan berita
terkini, dll. Dapat dilihat sendiri, jika Anda pernah melihat orang cepat
mengetik pasti dia sudah terbiasa untuk mengoperasikan komputer. Masa aktif
anti virus atau aplikasi lainnya pun juga memiliki jangka waktu tertentu,
sehingga mengharuskan seseorang untuk belajar baik secara otodidak atau bantuan
untuk menginstall aplikasi-aplikasi tersebut. Dari penggunaan komputer inilah
juga mengajarkan ketepatan dan kemahiran dalam mengerjakan sebuah tugas.
Untuk
mendapatkan informasi tidak mesti datangnya dari alat pencari utama terkemuka,
namun dapat juga dari sebuah media sosial. Media sosial saat ini pun jumlahnya
teramat banyak, tergantung pada mereka yang memiliki daya tarik tersendiri pada
media sosial tersebut. Kita ambil contoh, dua aplikasi yang memiliki jutaan
penggemar yaitu Facebook dan Twitter.
Facebook
dari tahun ke tahun mengalami perbaharuan yang cukup mengejutkan, awalnya
didesain hanya untuk perantara komunikasi orang-orang yang jaraknya jauh. Namun
sekarang sudah dapat digunakan untuk bertukar informasi dalam bentuk file
ataupun interaksi dengan tambahan aplikasi bervideo jadi kita dapat melihat
pengguna lain secara fisik bukan hanya sekedar percakapan biasa dalam tulisan.
Berbeda
dengan facebook, twitter menyediakan jumlah karakter yang sangat terbatas yaitu
140 karakter. Namun jangan disangka, dari twitter kita juga dapat mendapatkan
informasi yaitu dari akun-akun yang sengaja dibuat untuk pengguna twitter.
Kedua
aplikasi diatas juga diberikan fitur-fitur khusus misalnya untuk memproteksi
akun agar akun tetap terjaga dan terkondisi, dapat memasang background / cover
yang menarik untuk sebagai penghias dalam akun, serta banyak lagi.
Penggunaan
atas komputer dan internet pastilah memiliki dampak positif dan negatif, namun
ini juga tergantung pada pengunaan si user. Dampak positif diantaranya tidak
gaptek (gagap teknologi), melatih sejak dini penggunaan komputer karena kelak
kita akan bekerja di perusahaan yang biasanya berbasis komputer, memudahkan
dalam penyelesaian pekerjaan, dll. Sedangakan untuk dampak negatif yang
ditimbulkan jika penggunaan itu melebihi batas adalah mata akan menjadi rusak
karena terlalu lama berhadapan dengan komputer, terlalu mengikuti perkembangan
zaman atau tidak dapat menyaring informasi yang beredar, dll. Semakin canggihnya
IPTEK (Ilmu Pengetahuan Teknologi) harus diimbangi pula dengan pengetahuan
IMTAQ (Iman dan Taqwa) agar tetap dapat menggunakan komputer sebagaimana
mestinya.
Sesungguhnya
suatu hal dapat dipelajari dengan mudah, jika orang tersebut memiliki
ketertarikan tersendiri pada suatu hal tertentu. Bahkan juga tidak heran, jika
ada seseorang yang berani menggelontorkan sejumlah uang untuk hobinya yang
cukup eksentrik dan unik hanya untuk memuaskan hasratnya dalam hobi.
Sebaiknya
memiliki hobi yang memiliki nilai keuntungan dan dampak positif. Terkadang pula
dari hobi dapat membuahkan sebuah penghasilan. Kembangkanlah hobi yang kalian
miliki, semoga akan memberikan keuntungan kembali untuk kalian sendiri. Semangat!
Sumber:
Ruli Novitasari 48213128
Tidak ada komentar:
Posting Komentar