Rabu, 11 Desember 2013

Mail Merge (Envelope)


Cara membuat mail merge dengan format envelopes, antaralain:
1.      Buka Open Office, lalu pilih menu Insert dan klik Envelope.
2.    Akan muncul jendela Envelope, lalu pilih database yang telah kita buat sebelumnya yaitu yang kita simpan dengan nama letters. Pada bagian database field, kita masukkan bagian-bagian yang dibutuhkan. Lalu klik New Doc untuk memulai dokumen baru.
3.   Maka akan muncul format envelope seperti dibawah ini, kemudian pilih menu Tools dan klik Mail Merge Wizard.
4.      Tidak ada yang dirubah pada bagian ini, jadi lanjutkan saja dengan mengklik Next.
5.      Pilih Letter pada bagian type document, dan klik Next untuk melanjutkan.
6.      Pilih Select Different Address List.
7.    Lalu pilih data yang telah kita buat sebelumnya, yaitu yang kita beri nama sebelumnya letters, lanjutkan dengan mengklik ok.
8.      Klik Next untuk melanjutkan.
9.      Klik Next lagi untuk melanjutkan.
10.  Pilih Edit Document, jika ingin mengubah tampilan data yang telah kita buat sebelumnya. Jika tidak, langsung saja klik Next untuk melanjutkan.
11.  Klik Next lagi untuk melanjutkan.
12. Pilih Save Starting Document, yaitu untuk menyimpan terlebih dahulu data-data yang telah kita buat sebelumnya.
13.  Dan muncullah format envelope seperti dibawah ini.
Setelah melakukan serangkaian proses diatas, maka data yang akan muncul menjadi seperti ini lihat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar