Nama : Ruli
Novitasari
Kelas : 2DA02
NPM :
48213128
GELAR PRODUK
D3 BISNIS DAN
KEWIRAUSAHAAN UNIVERSITAS GUNADARMA TAHUN 2015
Gelar
Produk D3 Bisnis Kewirausahaan adalah suatu ajang pagelaran berbagai produk
yang disuguhkan agar dapat dikenal masyarakat banyak khususnya warga
Universitas Gunadarma. Acara ini diadakan pada 30 April 2015, beberapa bulan
lalu. Tepatnya di Universitas Gunadarma Kampus J1 Kalimalang. Acara ini dipandu
oleh beberapa dosen dari fakultas D3BK (D3 Bisnis dan Kewirausahaan) dan
dimeriahkan oleh beberapa jurusan diantaranya D3 Akuntansi Komputer, D3
Manajemen Keuangan, dan D3 Manajemen Pemasaran.
Kali
ini saya akan membahas mengenai strategi bisnis yang digunakan oleh kelompok
saya khususnya, I-Near Bag. I-Near Bag adalah suatu bisnis tote-bag yang
beranggotakan Indra, Novelsa, Evi, Ajeng, dan Ruli. Bisnis ini diawali pada
kegiatan Dana Bergulir (Danlir) yang wajib diikuti oleh mahasiswa program D3BK.
Kegiatan Dana Bergulir ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan dalam
mengelola bisnis yang sedang maupun akan dijalani. Selain itu juga sebagai
ajang menciptakan sebuah produk yang kaya akan keunikan dan kreatifitas.
Tanggal
30 April 2015 lalu, I-Near Bag melakukan sebuah kreatifitas baru yaitu selain
memperkenalkan tote-bag yang sudah dijalani, juga membuat beberapa makanan dan
minuman untuk penambahan produk pada stand kami diantaranya adalah Sush,
Nyam-Nya Coklat, Jelly Leci, dan Marshmallow Coklat.
Dalam
satu hari penuh itu, I-Near Bag melakukan serangkaian kegiatan gelar produk
diantaranya adalah memperkenalkan produk, memberikan pelayanan yang terbaik
kepada konsumen, menuliskan penjualan pada hari itu, dan lain-lain. Pihak dosen
yang telah menyelenggarakan acara tersebut, juga mengadakan perlombaan untuk
mengapreasiasi kinerja yang sudah dilakukan oleh mahasiswa/I D3BK. Ada beberapa
kategori perlombaan diantaranya: jumlah penghasilan terbanyak, jumlah kuantitas
terbanyak yang dijual, dan stand yang paling bersih dan rapi.
Dengan
semangat, kerja keras, dan tekad yang kuat, I-Near Bag berhasil meraih
keberhasilan dalam kategori jumlah kuantitas terbanyak. Jika dibanding dengan
stand yang lain, memang I-Near Bag yang cenderung memiliki konsumen banyak,
sehingga volume penjualan pun meningkat tajam.
Beberapa strategi yang dilakukan I-Near
Bag dalam melakukan proses penjualan pada Gelar Produk Tanggal 30 April 2015
lalu, sebagai berikut:
Strategi untuk Produk Makanan dan Minuman
Dengan menawarkan aneka makanan dan minuman dengan
harga yang relatif murah yaitu serba goceng (Rp 5.000). Serba goceng ini adalah
salah satu strategi agar produk dapat dikenal oleh orang banyak dan dengan
harapan cepat terjual. Walaupun memiliki harga yang relatif murah, produk yang
kami tampilkan terjamin dan berkualitas.
Strategi Jemput Bola
Setiap orang yang lalu-lalang didepan stand, kami
tidak pernah lelah untuk menyapa mereka dan menawarkan serta menjelaskan produk
yang kami tampilkan di meja stand. Strategi ini juga mengajarkan tentang
bagaimana melakukan interaksi yang baik dengan para konsumen dan bagaimana
menghadapi konsumen yang memiliki karakter yang berbeda-beda.
Strategi dari Mulut ke Mulut
Pengertian dari strategi jenis ini adalah jika ada
seorang pembeli yang senang dengan produk kami atau bahkan dengan pelayananya,
maka dengan sendirinya pembeli tersebut akan secara tidak langsung
mempromosikan produk kami pada orang lain dengan cara memberitahukan tentang
produk dan layanan yang telah I-Near Bag berikan.
Strategi Promosi Pada Teman atau Kerabat Dekat
Dengan mempromosikan kepada teman atau kerabat
terlebih dahulu, setelah itu baru kita promosikan kepada orang lain. Hal ini
dilakukan karena teman dekat dan kerabat itu sangat mudah dijangkau. Selain itu
juga karena terdapat hubungan yang baik, maka dengan itu proses penjualan pun juga
akan sangat terbantu.
Strategi Media Sosial
Strategi ini sangat praktis dan sangat mudah, karena
kita sebagai produsen tidak perlu turun ke lapangan. Cukup dengan selalu
mengupdate kabar terkini tentang produk-produk, maka konsumen juga dapat
melihat secara cepat. Jika konsumen merasa tertarik, mereka dapat memberikan
komentar untuk menanyakan sesuatu baik itu seputar harga atau produk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar