Senin, 22 Juni 2015

Pengalaman Usaha - Strategi I-Near Bag



Nama   : Ruli Novitasari
Kelas   : 2DA02
NPM   : 48213128
 
GELAR PRODUK 
D3 BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN UNIVERSITAS GUNADARMA TAHUN 2015


            Gelar Produk D3 Bisnis Kewirausahaan adalah suatu ajang pagelaran berbagai produk yang disuguhkan agar dapat dikenal masyarakat banyak khususnya warga Universitas Gunadarma. Acara ini diadakan pada 30 April 2015, beberapa bulan lalu. Tepatnya di Universitas Gunadarma Kampus J1 Kalimalang. Acara ini dipandu oleh beberapa dosen dari fakultas D3BK (D3 Bisnis dan Kewirausahaan) dan dimeriahkan oleh beberapa jurusan diantaranya D3 Akuntansi Komputer, D3 Manajemen Keuangan, dan D3 Manajemen Pemasaran.


            Kali ini saya akan membahas mengenai strategi bisnis yang digunakan oleh kelompok saya khususnya, I-Near Bag. I-Near Bag adalah suatu bisnis tote-bag yang beranggotakan Indra, Novelsa, Evi, Ajeng, dan Ruli. Bisnis ini diawali pada kegiatan Dana Bergulir (Danlir) yang wajib diikuti oleh mahasiswa program D3BK. Kegiatan Dana Bergulir ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan dalam mengelola bisnis yang sedang maupun akan dijalani. Selain itu juga sebagai ajang menciptakan sebuah produk yang kaya akan keunikan dan kreatifitas.


            Tanggal 30 April 2015 lalu, I-Near Bag melakukan sebuah kreatifitas baru yaitu selain memperkenalkan tote-bag yang sudah dijalani, juga membuat beberapa makanan dan minuman untuk penambahan produk pada stand kami diantaranya adalah Sush, Nyam-Nya Coklat, Jelly Leci, dan Marshmallow Coklat. 


            Dalam satu hari penuh itu, I-Near Bag melakukan serangkaian kegiatan gelar produk diantaranya adalah memperkenalkan produk, memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen, menuliskan penjualan pada hari itu, dan lain-lain. Pihak dosen yang telah menyelenggarakan acara tersebut, juga mengadakan perlombaan untuk mengapreasiasi kinerja yang sudah dilakukan oleh mahasiswa/I D3BK. Ada beberapa kategori perlombaan diantaranya: jumlah penghasilan terbanyak, jumlah kuantitas terbanyak yang dijual, dan stand yang paling bersih dan rapi.

            Dengan semangat, kerja keras, dan tekad yang kuat, I-Near Bag berhasil meraih keberhasilan dalam kategori jumlah kuantitas terbanyak. Jika dibanding dengan stand yang lain, memang I-Near Bag yang cenderung memiliki konsumen banyak, sehingga volume penjualan pun meningkat tajam.

Beberapa strategi yang dilakukan I-Near Bag dalam melakukan proses penjualan pada Gelar Produk Tanggal 30 April 2015 lalu, sebagai berikut:

Strategi untuk Produk Makanan dan Minuman
Dengan menawarkan aneka makanan dan minuman dengan harga yang relatif murah yaitu serba goceng (Rp 5.000). Serba goceng ini adalah salah satu strategi agar produk dapat dikenal oleh orang banyak dan dengan harapan cepat terjual. Walaupun memiliki harga yang relatif murah, produk yang kami tampilkan terjamin dan berkualitas.

Strategi Jemput Bola
Setiap orang yang lalu-lalang didepan stand, kami tidak pernah lelah untuk menyapa mereka dan menawarkan serta menjelaskan produk yang kami tampilkan di meja stand. Strategi ini juga mengajarkan tentang bagaimana melakukan interaksi yang baik dengan para konsumen dan bagaimana menghadapi konsumen yang memiliki karakter yang berbeda-beda.

Strategi dari Mulut ke Mulut
Pengertian dari strategi jenis ini adalah jika ada seorang pembeli yang senang dengan produk kami atau bahkan dengan pelayananya, maka dengan sendirinya pembeli tersebut akan secara tidak langsung mempromosikan produk kami pada orang lain dengan cara memberitahukan tentang produk dan layanan yang telah I-Near Bag berikan.

Strategi Promosi Pada Teman atau Kerabat Dekat
Dengan mempromosikan kepada teman atau kerabat terlebih dahulu, setelah itu baru kita promosikan kepada orang lain. Hal ini dilakukan karena teman dekat dan kerabat itu sangat mudah dijangkau. Selain itu juga karena terdapat hubungan yang baik, maka dengan itu proses penjualan pun juga akan sangat terbantu.

Strategi Media Sosial
Strategi ini sangat praktis dan sangat mudah, karena kita sebagai produsen tidak perlu turun ke lapangan. Cukup dengan selalu mengupdate kabar terkini tentang produk-produk, maka konsumen juga dapat melihat secara cepat. Jika konsumen merasa tertarik, mereka dapat memberikan komentar untuk menanyakan sesuatu baik itu seputar harga atau produk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar